Mobil Bekas Alternatif untuk Toyota Calya

Seperti yang sedang santer diberitakan di berbagai media, dalam waktu dekat Toyota akan meluncurkan adik dari Toyota Avanza, yaitu Toyota Calya. Berada di kelas LCGC, mobil berkapasitas 7 penumpang ini akan menjadi rival dari Datsun Go+ Panca. Toyota Calya yang menjadi kembaran dari Daihatsu Sigra ini akan menggendong mesin 1200 cc milik Etios Valco dengan penggerak roda depan. Selain itu, hal paling menarik dari mobil ini adalah harganya yang berada di kisaran 100-150 jutaan saja.

LCGC-Toyota-Calya.jpg

Bagi anda yang sudah tidak sabar untuk mengganti kendaraan lama anda tetapi malas untuk inden Toyota Calya, GuruMobil punya alternatif mobil MPV bekas pengganti Toyota Calya  dengan tahun muda, berkapasitas 7 penumpang, irit bahan bakar, dan tentunya dibanderol dengan harga tidak lebih dari 149 juta!

Suzuki Ertiga GX 2013-2015

ertiga 2015

Suzuki Ertiga merupakan salah satu pion penjualan Suzuki di Indonesia. Mobil yang berbasis Suzuki Swift ini ditenagai mesin 1.373 cc. Hanya terpaut sekitar dari 200 cc dibandingkan Toyota Calya. Kelebihan yang ditawarkan Suzuki Ertiga dibandingkan dengan Toyota Calya adalah desain yang tidak terkesan dipaksakan untuk muat 7 penumpang, serta kualitas material dan kerapihan finishing produk yang jauh lebih rapi dan terlihat layak digunakan. Suspensi Ertiga juga diakui lebih nyaman bila dibandingkan dengan MPV di kelasnya.

Satu kekurangan yang fatal dari Suzuki Ertiga bila dibandingkan dengan Toyota Calya adalah ketiadaan fitur pengereman ABS dan EBD pada generasi facelift-nya. Padahal, fitur tersebut dapat mencegah pengemudi dan penumpangnya terlibat dalam kecelakaan. Untungnya, Suzuki tetap membekali Ertiga tipe GX dengan dua buah airbags. Sehingga pengguna masih dapat bernafas lega ketika mengendarainya. Sebagai catatan, rumor menyebutkan bahwa Toyota Calya akan dilengkapi ABS dan airbag bahkan pada tipe terendahnya.

Di pasaran, GuruMobil mencatat bahwa Suzuki Ertiga GL tahun 2013-2015 dibanderol dengan harga Rp. 135 juta hingga 145 juta rupiah saja. Masih lebih murah dari Toyota Calya tipe tertinggi yang dirumorkan berada di harga Rp.149 juta.

Penilaian GuruMobil:

  • Performa: 3/5
  • Kenyamanan: 4/5
  • Keamanan: 3/5
  • Harga: 3/5

Cari deal Ertiga disini!

Daihatsu Xenia R 2013-2016

xenia 2015

Sebetulnya, Daihatsu Xenia secara tidak langsung adalah “kakak ipar” dari Toyota Calya. Mobil ini diproduksi di pabrik yang sama, dari tangan mekanik yang sama, dan dengan kualitas produksi yang sebelas dua belas. Mesin yang diusung pun juga hanya lebih besar seratusan cc saja. Bahkan Toyota Calya (bersama kembarannya yaitu Daihatsu Sigra) diprediksi akan merebut tahta mobil terlaris dari duo Avanza-Xenia. Tetapi, berada satu kelas di Toyota Calya, Daihatsu Xenia memberi anda gengsi yang lebih. Selain itu, kelebihan yang paling penting dari Dari Daihatsu Xenia bila dibandingkan dengan Toyota Calya adalah mobil ini menggunakan sasis ladder frame dengan penggerak roda belakang. Bagi anda yang sering bepergian ke luar kota dengan melalui rute tanjakan dan jalan yang tidak mulus, Xenia akan menang telak bila dibandingkan dengan Calya. Mobil MPV berpenggerak roda belakang dengan sasis ladder frame sudah jelas akan lebih bisa diandalkan pada kondisi jalan yang tidak mulus. Tenaga yang disalurkan dari mesin ke roda akan lebih optimal dan berimbas pada performa yang lebih baik.

Hanya saja, ada beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan sebelum memilih Daihatsu Xenia ketimbang Toyota Calya. Mobil dengan sasis model ladder frame cenderung lebih limbung di kecepatan tinggi. Itu artinya, anda akan merasa sedikit tidak nyaman bila sedang mengebut di jalan bebas hambatan. Selain itu, untuk Daihatsu Xenia tipe R standar (Tanpa embel-embel attivo, sporty, atau semacamnya) juga belum dilengkapi sensor parkir dan fitur lengkap seperti radio layar sentuh dan kamera mundur. Model facelift pun hanya akan anda dapatkan ketika anda memilih Daihatsu Xenia bekas lansiran 2016. Bila anda memilih tahun 2013-2015, anda akan mendapatkan wajah lama Xenia seperti di bawah ini.

xenia 2012

Di pasaran, harga Daihatsu Xenia tipe R lansiran 2013-2016 ada di kisaran Rp. 110 juta hingga Rp.149 juta. Menariknya, harga Daihatsu Xenia tipe R tahun 2013 dengan fitur yang cukup lengkap, dibanderol sekitar Rp. 10 juta lebih murah bahkan bila dibandingkan Toyota Calya tipe terendah sekalipun.

Penilaian GuruMobil

  • Performa: 3/5
  • Kenyamanan: 3/5
  • Keamanan: 4/5
  • Harga: 4/5

Cari deal Xenia disini!

Nissan Grand Livina XV 1.500cc

Grand Livina 2014

Berbicara mengenai kasta MPV, sebetulnya Nissan Grand Livina berada sedikit di atas Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Artinya, Nissan Grand Livina merupakan MPV yang kelasnya terpaut jauh dibandingkan dengan Toyota Calya. Menyandang status tersebut, sudah selayaknya anda bisa berharap banyak pada Nissan Grand Livina ini.

Harapan anda sepertinya memang terjawab. Nissan Grand Livina memiliki rancang bangun yang serupa dengan Toyota Calya. Kedua mobil ini sama-sama berpenggerak roda depan dengan sasis monokok dan mampu menampung tujuh orang penumpang. Hanya saja, anda betul-betul bisa mengharapkan kualitas yang lebih baik pada Nissan Grand Livina bila dibandingkan dengan Toyota Calya. Mesin 1.500 cc dari Nissan Grand Livina juga lebih bertenaga dibandingkan mesin Toyota Calya. Meskipun, hal tersebut dibayar dengan konsumsi bbm yang sedikit boros untuk MPV di kelasnya. Terlepas dari konsumsi bbm, anda bisa mendapatkan suspensi yang sangat nyaman dan empuk, pengendalian yang cukup stabil di kecepatan tinggi, serta fitur yang cukup berlimpah seperti monitor tv untuk baris kedua, sensor parkir, dan beberapa ornamen krom yang menambah kesan mewah pada mobil ini. Fitur keselamatan seperti dua buah airbags dan pengereman ABS dan EBD juga sudah tersedia pada Nissan Grand Livina tipe XV.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dari Nissan Grand Livina ini adalah konsumsi bbm yang tidak terlalu irit. Tercatat di dalam kota konsumsi bbm mobil ini ada di angka 9 km/l hingga 10 km/l saja. Selain itu, ground clearance Nissan Grand Livina juga tergolong rendah. Anda harus berhati-hati bila ingin melewati genangan air, polisi tidur, atau jalan berlubang ketika mengendarai mobil ini.

Di pasaran, Nissan Grand Livina bekas tahun 2013-2015 dapat anda jumpai dengan harga Rp. 118 juta hingga Rp. 140 juta saja. Cukup berimbang dengan harga Toyota Calya. Untungnya, dengan membeli mobil bekas, anda tidak harus menunggu antrian inden yang mengular!

Penilaian GuruMobil

  • Performa: 3/5
  • Kenyamanan: 4/5
  • Keamanan: 4/5
  • Harga: 3/5

Cari deal Grand Livina disini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s