7 Langkah Cerdas Untuk Menjual Mobil Bekas

Menjual mobil memang perkara yang susah-susah gampang. Ketika anda bertemu dengan calon pembeli yang menyenangkan, menjual mobil terasa seperti membalikkan telapak tangan. Tapi, tidak jarang juga anda akan bertemu calon pembeli yang seperti turis, Tanya ini itu, ujung-ujungnya cuma numpang lewat.

Nah, kali ini GuruMobil akan berbagi 7 trik supaya mobil bekas anda bisa lebih cepat laku!

1. Ketahui Kondisi Pasar

1

Selamat datang di pasar bebas! Anda akan menjual mobil anda dan bersaing dengan pemilik mobil serupa di luar sana. Maka dari itu, anda harus menyadari apakah jenis mobil yang anda jual digemari banyak orang, atau anda memiliki mobil yang belum tentu jadi selera semua orang. Menjual mobil jenis tertentu di waktu tertentu akan mempermudah proses penjualan. Sebagai contoh, lihatlah rumus di bawah ini untuk panduan:

  • MPV: Jual mobil pada saat menjelang lebaran. Mobil MPV akan dicari pada momen tersebut karena daya tampungnya yang banyak akan sangat berguna saat mudik
  • SUV: Jual mobil pada saat musim hujan. Mobil SUV yang tinggi akan memudahkan orang dalam menerjang banjir. Jadi, membeli mobil SUV pada musim hujan adalah pilihan yang paling masuk akal
  • City car/hatchback: Jual mobil pada saat menjelang tahun ajaran baru. Mobil city car atau hatchback yang berdimensi mungil dan irit bahan bakar biasanya dibelikan orang tua untuk anaknya yang mulai masuk kelas 3 SMA atau mulai kuliah.

2- Beri Harga yang Masuk Akal

2

Ketahuilah berapa harga yang layak untuk mobil anda. Untungnya, kini ada GuruMobil yang bisa memperlihatkan berapa harga pasaran mobil dengan sangat mudah! Anda hanya perlu buka situs gurumobil.com dan klik tombol “Jual”, masukkan merk, tipe, dan informasi lain yang dibutuhkan, dan voila, GuruMobil bisa langsung memberikan estimasi harga yang tepat untuk mobil anda!

Anda bisa mematok harga di bawah harga pasar bila anda merasa butuh untuk menjual mobil dengan segera, atau anda bisa memasang harga sedikit di atas harga pasar bila anda menginginkan mobil anda dihargai lebih, namun tidak terburu-buru dalam menjualnya. Perhatikan pula bila anda ingin menjual dengan kondisi nego, karena bila anda mematok harga terlalu rendah dengan kondisi nego, pada akhirnya anda lah yang merugi.

3- Cinta pada Pandangan Pertama

3

Rasa cinta tidak hanya timbul pada lawan jenis lho! Calon pembeli mobil anda juga sangat mungkin jatuh cinta ketika pertama kali melihat mobil anda. Maka dari itu, luangkan waktu anda untuk mencuci dan membersihkan mobil anda sebelum diperlihatkan kepada calon pembeli. Buanglah semua sampah dan keluarkan segala barang yang berserakan di mobil anda. Bila perlu, lakukan sedikit perbaikan ringan dan bawalah mobil ke salon mobil. Mobil yang bersih dan mengkilap dapat meningkatkan harga jual mobil dan menimbulkan ketertarikan pada calon pembeli. Selanjutnya, anda dapat membawa mobil untuk dilakukan pengecekan di bengkel dan meminta surat keterangan bahwa mobil anda berfungsi dengan baik. Tunjukkan surat tersebut pada calon pembeli agar ia semakin cinta dan segera meminang mobil anda!

4- Dimana anda akan berjualan?

4

Ada banyak tempat untuk menjual mobil anda mulai dari online hingga offline. Khusus untuk online, pastikan bahwa memang situs tersebut sering dikunjungi oleh para pencari mobil bekas. Beberapa situs rekomendasi GuruMobil adalah olx.co.id, otosia.com, mobil123.com, dan carmudi.co.id. Pada situs tersebut, anda bisa langsung mengiklankan mobil anda dengan memasukkan foto dan spesifikasi mobil.

Ketika anda memuat iklan, pastikan bahwa informasi mobil anda terlihat jelas. Foto bagian mobil anda secara utuh tanpa terpotong. Pastikan pula anda memasukkan seluruh foto bagian mobil mulai dari eksterior, interior, ruang mesin, hingga indikator dashboard. Cantumkan pula informasi dengan jelas seperti tipe, tahun, jumlah kilometer, transmisi, dan fitur-fitur lain. Jangan lupa pula masukan nomor kontak yang bisa dihubungi dengan benar.

Anda juga dapat menggunakan kata-kata yang menarik perhatian calon pembeli. Gunakan kata-kata seperti “Jual cepat”, “Nego”, “Butuh uang”, dan lain sebagainya sebagai pertanda bahwa anda benar-benar serius untuk menjual mobil anda. Dengan begitu, kemungkinan calon pembeli akan mampir di iklan anda akan semakin besar.

5- Temukan Calon Pembeli Potensial

5

Calon pembeli sudah melihat iklan anda. Kini saatnya mencari mana calon pembeli yang paling potensial. Ketika ada yang menelepon anda untuk melihat mobil, angkat telepon secepatnya dan jawab pertanyaan dengan seramah mungkin. Intuisi anda juga bermain disini. Apakah calon pembeli tersebut meyakinkan, atau hanya sekedar basa basi.

Bila anda merasa yakin dan tiba saatnya bertemu, bersikaplah seramah mungkin. Bila calon pembeli ingin melakukan test drive, dampingilah orang tersebut dan pastikan dirinya memiliki SIM yang berlaku. Jawab pertanyaan seputar mobil dengan jujur tanpa membuat mobil anda terlihat buruk. Calon pembeli kadang memberi pertanyaan menjebak seperti “Kekurangan mobil ini apa?”. Jawablah dengan “Mobil ini sebaik yang anda rasakan. Bila anda belum yakin, silakan kita cek bersama ke bengkel resmi terdekat”. Bila anda sudah memiliki surat keterangan dari bengkel bahwa mobil anda sehat, tunjukkan padanya dan biarkan dia yang menilai.

6- Negosiasikan Harga Terbaik

6

Pembeli potensial sudah di depan mata. Kini tinggal anda dan calon pembeli menentukan harga yang tepat. Calon pembeli mungkin akan menawar dengan cara halus seperti “Saya suka mobilnya, tapi….” Atau dengan sangat to the point seperti “Harga habisnya berapa?”. Jangan langsung tergoda untuk menurunkan harga! Turunkan lah sedikit dari harga awal namun tahan di harga yang menurut anda sepadan. Biarkan calon pembeli berpikir sendiri apakah harga itu layak. Calon pembeli mungkin akan pura-pura tidak tertarik dengan harga anda. Tapi percayalah, bila dirinya tertarik, ia akan kembali lagi esok hari dan membayar sesuai atau sedikit di bawah harga yang anda tawarkan. Bila beberapa calon pembeli tidak sesuai dengan harga ideal anda, barulah anda bisa memikirkan untuk menurunkan harga jual mobil anda.

7- Serah Terima

7

Deal! Calon pembeli sudah setuju dan pembayaran tinggal menunggu waktu. Setelah pembayaran selesai dilakukan, anda mungkin harus menyepakati beberapa hal. Biasanya, yang dipertanyakan oleh pembeli adalah apakah anda bersedia untuk meminjamkan KTP untuk memperpanjang STNK di tahun pertama setelah pembelian dan ketika balik nama. Anda dapat memusyawarahkan hal ini dengan pembeli. Selain itu, kemungkinan anda juga ingin melakukan “tutup nama” pada mobil lama anda. Hal tersebut penting terutama ketika anda menjual mobil untuk membeli mobil baru. Bila anda tidak melakukan “tutup nama”, mobil baru yang anda beli akan terkena pajak progresif karena mobil lama yang anda jual masih berstatus atas nama anda.

Demikianlah trik agar anda dapat menjual mobil dengan lebih cepat dan cermat. Ikuti terus artikel-artikel menarik dari GuruMobil!