15 Trik untuk Pastikan Mobil Bekas Incaran Anda Siap Pakai!

Mobil bekas incaran sudah di depan mata. Hanya beberapa langkah lagi sebelum anda bisa membawanya pulang. Tapi, jangan terburu-buru dalam menetapkan bahwa mobil bekas itulah yang akan anda beli! Baca dulu trik-trik di bawah ini supaya gak khawatir lagi ketika membeli mobil bekas.

1- Ajak penjual untuk membawa mobil incaran anda keluar garasi atau gedung parkir. Mengecek mobil bekas incaran di bawah sinar matahari dengan pencahayaan yang jelas akan memudahkan pekerjaan anda!

1

Periksa mobil di tempat terang

2- Periksa kerapihan bodi mobil bekas incaran dengan cara memicingkan mata anda dan lihat dari sisi depan samping ke arah belakang mobil. Bila anda melihat ada bagian bodi mobil yang terlihat keriting dan bila disentuh catnya sedikit kasar, ada kemungkinan bagian tersebut pernah tertabrak. Lakukan tahap ini diseluruh sisi mobil.

2

Posisi memeriksa mobil

3- Periksa apakah ada bagian mobil yang memiliki warna berbeda atau belang dari bagian lain. Bila ada, kemungkinan bagian tersebut (semisal pintu) pernah dicat ulang. Tetapi, untuk mobil bekas dengan usia lebih dari 5 tahun, bagian bodi mobil yang terbuat dari plastik seperti bumper dan spoiler pasti akan memudar warnanya. Jadi, apabila bumper dan spoiler sedikit belang, ini adalah hal yang normal.

3

Hasil cat ulang yang tidak sempurna pada pintu

4- Ukur jarak celah antara ban dengan bodi mobil menggunakan telapak tangan anda. Bila sasis masih bagus, jarak celah antara ban dengan dengan bodi di kedua sisi mobil akan sama. Misalkan, jarak ban dengan bodi pada ban belakang kanan adalah sebesar empat jari, maka pada ban belakang sisi kiri, jarak celah juga tetap sama. Apabila ada perbedaan lebih dari lebar setengah jari, kemungkinan mobil tersebut sudah pernah mengalami tabrakan dahsyat. Bila perbedaan tidak sampai setengah jari, bisa saja disebabkan salah satu ban kekurangan angin.

4

Celah antara ban dan bodi yang perlu diukur

5- Minta penjual untuk mengeluarkan seluruh pewangi ruangan dan buka semua jendela. Nyalakan mesin lalu hidupkan AC. Diamlah beberapa saat untuk memastikan tidak ada bau aneh ataupun AC yang tidak dingin.

6- Pastikan semua pintu berfungsi dengan baik. Lalu, duduki semua kursi bahkan hingga baris ketiga (bila ada). Lonjak-lonjakan sedikit tubuh anda dan rasakan apabila ada bunyi atau kursi yang keras. Pastikan pula bahwa seluruh kursi bisa diatur dengan baik, terutama pada kursi yang menggunakan penggerak elektrik.

5

Pastikan konfigurasi kursi berfungsi seluruhnya

7- Perhatikan pedal remnya. Mobil bekas dengan kilometer sedikit seharusnya memiliki pedal rem yang masih bagus. Bila penjual mengklaim bila kilometer mobil masih sedikit tetapi pedal rem sudah botak, ada kemungkinan kilometer di dashboard sudah diakali.

6

Pedal rem yang mulus pada mobil bekas berkilometer rendah

8- Bawa mobil ke tempat cuci mobil otomatis. Setelah mobil dicuci namun belum dikeringkan, lihat langit-langit mobil. Bila ada endapan air, berarti mobil mengalami kebocoran. Buka juga bagasi dan lihat di bagian ban serep (biasanya ada di kolong bagasi). Pastikan tidak ada genangan air disana.

7

Endapan air pada atap mobil yang bocor

9- Buka semua karpet di mobil. Setelah itu, tepuk-tepuk lantai mobil di semua sisi. Bila anda menemukan ada genangan air atau bagian yang lebih empuk dari bagian lain, ada indikasi bahwa mobil tersebut keropos bahkan bolong atau bocor. Hal tersebut juga mengindikasikan bahwa mobil bekas banjir.

10- Buka dan perhatikan kap mesin. Periksa dinding pada samping ruang mesin dan pastikan kondisinya masih rapi dan tidak keriting. Bila dinding tersebut tidak rapi dan keriting, tinggalkan mobil karena mobil tersebut sudah tidak prima.

8

Sisi ruang mesin yang bagus seharusnya tidak ada lekukan atau bengkok

11- Dalam keadaan mesin mati, gunakan senter dan cek apakah ada bocor atau genangan cairan pada bagian dalam mesin. Genangan apapun pada mesin menandakan kondisi mesin yang tidak prima.

12- Tarik dan buka stik oli. Bentuk pegangan stik oli biasanya seperti huruf “O” dan berwarna merah, oranye, atau kuning. Bila bagian gagang stik yang tergenang oli ada diantara batas maksimal dan minimal, berarti secara volume kondisi oli memadai. Cek pula kondisi oli dengan mengelap stik oli ke tisu. Bila warnanya cerah dan tidak ada partikel seperti pasir, berarti mesin cukup baik.

9

Posisi stik oli pada ruang mesin

10

Contoh kondisi oli mesin yang baik

13- Perhatikan mesin dan minta seseorang untuk menyalakan mesin. Apabila ketika dinyalakan mesin bergoyang dengan kencang seperti hendak melompat, tinggalkan mobil bekas tersebut dan carilah pilihan mobil bekas lain. Sedikit goyangan saat mesin dinyalakan adalah hal yang wajar.

14- Pindah ke belakang dan perhatikan bagian knalpot. Minta seseorang untuk mematikan dan menyalakan kembali mesin. Setelah itu, tekan pedal gas beberapa kali. Apabila mobil terus menerus mengeluarkan asap, terutama bila berwarna kebiruan, tinggalkan mobil bekas tersebut dan carilah mobil bekas  lainnya. Bila hanya keluar sedikit asap, hal tersebut adalah wajar.

11

Mobil yang mengeluarkan asap kebiruan pertanda ada masalah pada mesin

15- Lakukan test drive. Apabila saat test drive setir menunjukkan gejala menahan arah belok anda, atau ketika anda berkendara dan melepas setir lalu setir menarik ke kiri atau ke kanan, atau mengeluarkan bunyi seperti bunyi gesekan, berarti mobil bekas tersebut tidak dalam kondisi prima.

Demikianlah panduan dasar dalam memeriksa mobil bekas yang anda beli. Bila anda ingin memeriksa mobil lebih lanjut, silakan download ceklis inspeksi mobil bekas yang Gurumobil sediakan di bawah ini atau bawa mobil yang ingin anda beli ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan inspeksi oleh pihak bengkel.

KLIK DISINI untuk download ceklis inspeksi mobil